DARI FOAM MENJADI PESAWAT RC

KREASI PESAWAT AEROMODELING

Memanfaatkan barang bekas menjadi barang layak jual tentu akan menarik banyak perhatian. Apalagi berkaitan dengan karya seni, waaah pasti lebih keren lagi yaaa…..

Adalah Pungki Sasando (23th), pemuda asal Desa Gagaksipat RT 003/ RW 004, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, meraup untung jutaan rupiah dari membuat pesawat remote control (RC) jenis aeromodelling.

Pungki menceritakan, pembuatan pesawat itu bermula saat dia membaca buku prakarya tutorial cara membuat pesawat di perpustakaan sekolah. Saat itu Pungki masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD) Gagaksipat 1 Boyolali. Dari membaca buku tutorial tersebut, Pungki kemudian mencoba mempraktikan sendiri cara membuat pesawat dari bahan kertas di rumahnya.

Pungki telah belajar tentang aeromodelling  mulai tahun 2011. Ia tertarik untuk mencoba membuat sendiri pesawat dengan menggunakan bahan dari triplek.

Hal itu sempat beberapa kali gagal. Ia mengaku frustasi. Namun, kesukaannya dengan dunia dirgantara mendorongnya untuk tidak berputus asa. Mencoba dan terus mencoba, hal inilah yang selalu diupayakan Pungki untuk merealisasikan kegemarannya, hingga pada akhirnya ia berhasil dan pesawat yang ia buat itu bisa diterbangkan.

Tentu merupakan hal yang sangat membanggakan, meski otodidak, hasil karya nya nyaris sempurna seperti halnya hasil produksi pabrikan.

RC aeromodelling adalah hobby yang bisa dibilang mahal, karena dari segi harga memang tidak ada yang murah, semua unit kisaran harga diatas 500rb an bahkan hingga jutaan rupiah.

Hobby sekaligus dapat menghasilkan keuntungan,….itulah gambaran kesibukan Pungki sat ini.

Orderan terus membanjiri, hingga ia harus menggandeng mitra kerja yang saat ini telah ia pekerjakan sekian tahun lamanya. Tugasnya mengeksekusi, merakit dari bahan-bahan yang telah siap hingga menjadi sebuah unit pesawat terbang sesuai dengan model pesanan.

Dibalik kesuksesannya saat ini, ada figure orang yang berjasa memotivasinya hingga berhasil dalam menggeluti dunia produksi RC aeromodelling, ia adalah  seorang dokter yang tinggal didaerah solo.

Selain menjadi teman sesama penggemar rc aeromodelling,….ia juga memberi sebuah semangat dan dukungan, hingga Pungki bertambah optimis dalam menekuni dunia usaha yang satu ini. Awalnya Pungki diberi satu set pesawat beserta remot control yang harganya tak murah oleh sang dokter. Dari situ semangatnya bertambah untuk benar-benar menekuni produksi rc aeromodelling.

Ketekunan dan usaha keras tentunya akan dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal, Maka dari itu selalulah berupaya dengan sungguh-sungguh atas setiap apa yang kita cita-citakan, agar hal itu benar-benar dapat kita raih dan wujudkan. Dan pada akhirnya kita akan tau bahwa potensi yang ada pada diri kita ini akan muncul dan mampu menghasilkan sebuah karya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.