Sholat, Sholat, Sholat

Sholat merupakan amal pertama yang akan di tanya dan di hisab oleh Alloh. Sebaik apapun amal seseorang apabila buruk  sholat nya , maka akan menjadi buruk amal nya. Seperti apapun keadaan kita maka sholat tetap wajib dilaksanakan. Begitu pula hal nya ketika kita bekerja, apapun alasan nya yang berkaitan dengan jam kerja yang padat, maka solat tetap  harus dilaksanakan.

Sholat juga merupakan perhiasan wajah, karena bekas dari pada cahaya air wudhu yang dipakai hendak solat, akan menjadi cahaya besok di hari kiamat.

Sholat juga merupakan cahaya hati, dimana ketenangan hati akan diperoleh bagi siapa yang melaksankan solat. Karena hati nya bercahaya, maka ia akan tenang menapaki kehidupan ini. Semakin bagus solat nya, semakin bercahaya hati nya. Dan semakin baik pula kehidupan nya.

Sholat juga merupakan kunci nya surga, sesuai dengan apa yang di sabdakan oleh baginda Nabi SAW. Bahwa sholat adalah kunci surga.

Pertanyaan :

  1. Apa diperbolehkan Sholat dengan menggunakan baju yang kotor? tidak ada alasan untuk meninggalkan solat, apapun dan bagaimanapun keadaan nya kita, tetep kita harus solat. Seandai nya terjadi kejadian seperti yang dipertanyakan, apabila pakaian yang dipakai kerja terkena najis maka bersihkan celana atau baju dari najis sampai hilang warna, rasa dan bau nya. Baru di pakai solat.Solusi nya bagi para pekerja lapangan, hendak nya membawa pakaian ganti khusus untuk solat, sehingga langkah ini sangat berhati hati terhdap pakain yang kita gunakan , supaya solat kita sah
  1. karena padat nya jam kerja, seringkali solat yang satu dan yang lain nya terlewatkan, semisal solat ashar, ketika solat ashar tugas dan tuntutuan kerja sangat padat sehingga baru selesai ketika masuk waktu maghrib, apa solat ashar nya boleh di jama’ dengan solat dzuhur ?Dalam masalah menjama’ solat ada kriteria dan syarat tersendiri. Berkaitan dengan pertanyaan yang disampaikan, maka tidak diperbolehkan untuk menjama’ solat karena tidak memenuhi persyaratan, yaitu perjalanan 2marhalah = 84 KM,  sedangkan pekerjaan yang anda tekuni tidak membutuhkan perjalanan yang panjang / lama. Maka tetap harus solat pada waktu nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *