PENYAKIT PALING BERBAHAYA DAN OBAT NYA

Permasalahan hati sangat lah pokok dan penting, namun jarang kita perhatikan. Padahal orang yang baik adalah orang yang hati nya baik pula, sedangkan buruk nya hati juga akan mengakibatkan pribadi seseorang buruk pula. Banyak sekali yang dapat mengakibatkan hati kita menjadi buruk, salah satu nya yang paling penting adalah hasad. Ya penyakit hati yang satu ini sangat berbahaya karena terkadang seseorang tidak sadar kalau dalam diri nya terdapat hasad.

Apa itu hasad???

Hasad yaitu : senang kalau melihat orang lain susah, dan susah melihat orang lain senang (mendapat nikmat biak).

 Perhatikan lah…. Iblis adalah mahkluk Alloh yang dimana setiap dataran di muka bumi pernah digunakan iblis untuk sujud kepada Alloh. Namun ketika datang perintah Alloh untuk memberi hormat kepada nabi Adam, ada sifat sombong dari iblis yang membuat nya menjadi hasud kepada nabi adam, tidak terima kenapa dia yang harus sujud kepada nabi adam, tidak rela nabi adam mendapat kenikmatan di surge, hingga ia menggoda nabi adam tanpa henti nya.

Apa yang Alloh berikan pada iblis??? Dia di usir dari tempat yang mulia dan dilaknat hingga hari kiamat.

Karena hasad pula lah pembunuhan pertama terjadi di muka bumi ini, yaitu pertumpahan darah kakak beradik antara habil dan qobil.

Saking sangat berbahaya nya hasad, Alloh menyuruh kita berlindung dari penyakit ini, seperti yang tertera dalam Alqur’an Surat Al-Falaq.

Hasad bahkan dapat membuat orang berusaha menghilngkan nikmat yang ada pada saudara nya dengan berbagai macam cara, sekalipun cara tersebut sangat keji. Ini lah bahaya hasad.

Hasad bahkan sangat berbahaya bagi amaliah yang sudah kita lakukan, kita sudah mengetahui bahwa Rosululloh bersabda : penyakit hasad akan dapat memakan amal kita, seperti hal nya api memakan kayu bakar, maka kayu itu akan hangus menjadi arang dan akan sirna.

Begitulah gambaran hasad yang akan merusak dan menghilangkan pahala amal solih yang sudah kita lakukan.

Dalam hadist lain Rosululloh bersabda : tidak akan bercampur di hati seseorang hamba, iman dan juga hasad.

iman akan terkalahkan apabila bibit penyakit hasad ini terus menerus dipupuk. Sangat bahaya bukan penyakit ini??? Namun setiap penyakit pasti ada obat nya, begitu juga hasad, ada obat yang dapat kita lakukan untuk kita selamat dari hasad, atau minimal hasad tidak berkembang di dalam hati kita.

Resep nya yaitu :

  1. Mencari ilmu, dengan tau ilmu maka kita bisa memilih apakah ini hasad atau tidak, karena banyak sekalai di antara kita yang tidak sadar kalau telah terkena penyakit hasad ini, karena belum tau ilmu nya. Dengan mengetahui ilmu, maka dia akan tau bagaimana bahaya nya hasad pada diri nya dan amal nya.
  2. Di lawan dengan perasaaan memuji orang yang kita hasad kepada mereka. Jadi, ketika mulai timbul penyakit hasad pada diri kita, segeralah memuji, menyebut baik orang yang kita hasad kepada nya tadi. Cara memuji nya, bukan di depan orang nya, akan tetapi tanpa ia ketahui. Dan berusaha sungguh-sungguh untuk membantu dan memuliakan nya.
  3. Berlindung kepada Alloh,

Semoga Alloh melindungi kita dari hasad, dan dari orang yang hasad kepada kita. Wallohu’alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *