Hikmah Dari Hijrah

Senin, 12 Robiul awal, pada hari itu lah Rosululloh S.a.w. tiba di kota madinah. Setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh dari mekah menuju madinah. Perjalanan yang tak hanya jauh, namun juga meletihkan dan mengancam nyawa manusia mulia, Nabi kita Muhammad s.a.w.

Saat pertama kali baginda sampai di kota madinah, baginda di sambut dengan gembira oleh orang-orang madinah yang telah mengetahui kabarhijrah nya belias s.a.w.  Tahukah apa yang Rosululloh s.a.w lakukan pertama kali datang ke madinah???

Yang pertama kali beliau lakukan yaitu…… membangun sebuah masjid yang kita kenal masjid quba.

Baginda tidak membangun tempat tinggal untuk baginda, padahal baginda sangat membutuhkan tempat tinggal. Namun baginda membangun rumah Alloh, yaitu masjid. Beliau bahkan harus menumpang untuk tinggal di rumah salah seorang sahbat ansor yaitu Abu ayub al anshori. Di rumah ini lah beliau tinggal selama 7 bulan.

Inilah pelajaran bagi kita, bahwa baginda mencontohkan dari perjalanan sebuah hijrah yang pertama kali harus kita fikirkan dan niatkan adalah Alloh, Agama ini dan dakwah ini. Lihat lah dan saksikan lah bagaimana makmur nya kota madinah dengan syariat islam dan itu tidak akan pernah hilang atau musnah hingga akhir zaman, semua berkat jasa dan pengorbanan baginda yang selalu mengenyampingkan urusan pribadi nya, dan selalu mementingkan urusan Agama, dan kemaslahatan umat.

Itulah setetes hikmah dari lautan hikmah kisah perjalanan hijrah Rosululloh s.a.w.

Simak juga khutbah pertama Rosululloh ketika beliau di madinah.

Wahai orang-orang islam. Kedepankan lah diri kalian masing-masing dalam berihtiar. Ketahuilah bahwa kita semua di dunia ini ada yang melihat (Alloh). Suatu saat nanti kalau kita sudah bertemu dengan Alloh. Tidak ada seorang pun yang mendampingi kita ketika menghadapa alloh (artinya tidak ada yang akan membantu kita ketika mempertanggnung jawabkan amal kita dihadapan alloh. Kalau di duinia kita berbuat salah bisa saja kita meminta seotang pengacara  atau penasihat hukum, tapi dihadapan Alloh besok kita akan berdiri sendiri, yang akan bicara adalah anggota tubuh kita. Masing-masing akan bersaksi tentang apa yang telah dilakukan di dunia).  Tidak ada pembatas antara kita dengan alloh.  Hingga Alloh akan mengatakkan kepada kita. Bukankah sudah aku utus seorang rosul kepada kalian didunia, kenapa kalian tidak mengikuti syatriat nya. Itulah yang akan Alloh tanyakan kepada kita.

Mudah-mudahan terdapat hikmah yang bisa kita ambil dari khutbah pertama Rosululloh di atas. Wallohu a’lam bi showab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.