Rauha Sore

Kegiatan pembacaan kitab Hadist Riyadhus Shalihin karya Imam An-Nawawi ini sudah sejak lama menjadi program Masjid Jami’ Assagaf Solo setiap bulan Ramadhan tiba. Karena diadakan setiap pukul 16.30 maka program ini dinamai Rauha Sore. Konsep acara saat ini disesuaikan dengan jamaah, sehingga memiliki sedikit perbedaan dengan konsep Rauha pada masa lalu. Jika dulu Rauha Sore dibaca hadistnya saja yang tentunya dalam bahasa Arab sesuai dengan kitabnya (kitab kuning/tanpa terjemah) karena saat itu jamaah yang hadir dapat memahami bahasa Arab. Maka pada saat ini dibawakan dengan dua bahasa yakni bahasa Arab kemudian ringkasan hadist yang telah dibaca diterjemahkan oleh ustadz yang membimbing program Rauha Sore. Pembacaan hadist sesuai kitab aslinya, dibaca satu per satu bagi hadirin yang ingin membacanya. Hal ini karena adanya perbedaan ‘rasa’ saat seseorang membaca dan mendengar kitab-kitab dalam bahasa aslinya (kitab kuning) dengan membaca dan mendengar kitab-kitab terjemahan dalam bahasa Indonesia. Perbedaan ‘rasa’ tersebut sulit diungkapkan, apalagi dikatakan.

Bagi orang yang tidak mampu memahami dalam bahasa Arab lebih baik membaca terjemahan bahasa Indonesia yang tentunya akan lebih mudah dipahami dan dicerna daripada membaca kitab asli berbahasa Arab yang tidak dapat dipahami arti apalagi maksudnya. Memang benar jika dikatakan seperti itu. Namun tidak ada salahnya bagi seseorang yang tidak dapat berbahasa Arab apalagi memahami hadist yang dibaca dari suatu kitab aslinya untuk mencoba duduk dan mendengar kitab-kitab itu dibaca, lalu dibacakan terjemah ringkasnya satu persatu hadist yang telah dibaca. Perlu digarisbawahi dalam hal ini yaitu mencoba merasakan bacaan hadist dari kitab asli karya Imam Besar yaitu Imam An-Nawawi, maka akan terasa sekali ruh atau kedalaman bacaan yang tidak ditemukan pada bacaan lain. Cobalah, datang dan rasakan.

RAUHA SORE DAPAT ANDA NIKMATI SELAMA RAMADHAN 1434 H PUKUL 16.15-17.15 WIB MELALUI SIARAN MJA TV CHANNEL 54 UHF ATAU MELALUI LIVE STREAMING DI www.mjatv.com/stream. Atau melalui facebook live di alamat Masjid Assagaf SOLO LIVE. Bagi Anda pengguna Android dapat kan kumpulan vidio kajian di masjid jami' assegaf ddengan cara mendowload aplikasi nya di playstore, ketikan MJA TV.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *