RIHLAH DAKWAH (Memilih Yang Halal dan Yang Harom)

RIHLAH DAKWAH

Kelurahan Tegalharjo, Jebres, Surakarta

" Memilih Yang Halal dan Yang Harom "

Narasumber : Ustadz Hasan Bin Zein AlAydrus

 

Rihlah da’wah kali ini bertempat di Kelurahan Tegalharjo, Jebres Surakarta. Pada kesempatan rihlah kali ini Ustadz Hasan Bin Zein Alaydrus hadir sebagi narasumber untuk memberikan nasihat kepada para staf petugas kelurahan yang hadir di acara rihlah da’wah tersebut.  Bebera nasihat yang di sampaikan oleh Ustadz Hasan Alaydrus yaitu :

Memilih sesuatu yang halal dan harom adalah sangat penting bagi setiap muslim, penting di dunia juga nanti nya akan berdampak pada hal akhirat kita. Kita tahu bahwa orang yang pandai memilih mana yang halal dan yang harom mendapatkan kemuliaan dari Alloh besok di hari kiamat dia tidak akan merasakan di hisab oleh Alloh. Dikatakan bahwa “Barang siapa di hisap maka dia merasakan seperti di azab. Arti nya ketika seseorang tersebut di bebaskan hisab  nya oleh Alloh maka dia akan bebas dari adzab nya Alloh.

Ada dua orang yang tidak akan dihisab oleh Alloh swt. Orang yang mencari dan mengetahui ilmu dan mengamalkan ilmu nya, serta orang yang pandai memilih yang halal dan yang harom.

Memilih makanan yang halal sangat lah penting, disebutkan dalam hadist “ Barang siapa memakan yang halal mau tidak mau pasti akan berbuat taat kepada Alloh Dan barang siapa memakan yang harom maka mau tidak mau pasti akan berbuat maksiat kepada alloh” .

Artinya ketika seseorang memakan sesuatu yang halal, maka anggota tubuh nya, perilaku nya, mau tidak mau pasti akan melakukan ketaatan kepada Alloh, itu otomatis dengan sendiri nya. Namun sebalik nya, jika makanan yang di konsumsi makanan yang haram, maka mau tidak mau dia akan bermaksiat kepada Alloh, perilaku nya jauh dari amal soleh.

Bukan hanya makanan yang halal dan harom saja yang berpengaruh pada diri kita. Namun, dari cara yang halal atau harom kita mendapatkan rizki itu juga sangat berpengaruh. Ulama mengatakan, “harta yang didapat dari jalan yang baik maka akan keluar pula harta tersebut dijalan yang baik. Sebalik nya, harta yang di dapat dari jalan atau dengan cara yang haram atau buruk maka ia akan keluar di jalan yang buruk pula.

Pertanyaan :

Ada satu keluarga yang baik, amal soleh, pekerjaan nya jelas halal, namun kenapa anak nya menjadi anak yang tidak soleh?

Jawab :

Disebutkan didalm sebuah Hadits : “Sesunggguh nya, hamba Alloh akan diharamkan rizki datang kepada nya karena sebab dosa yang dia lakukan”.

Rizki yang dimaksud bisa jadi harta, kesehatan, atau bias juga anak soleh yang berbakti. Dari pertanyaan diatas ada beberapa hal yang harus di cermati. Pertama, mungkin ada dosa yang dilakukan yang tidak di sadari yang belum bertobat kepada alloh sehingga berdampak pada anak nya. Atau bisa jadi itu merupakan ujian untuk Bapak dari anak tersebut, ujian dari Alloh untuk mengetes kadar keimanan dan Alloh hendak meninggikan derajat nya di sisi Alloh, maka di uji melalui anak nya.

Sebab ada Ujian ada pula Teguran. Ujian, merupakan sesuatu yang di berikan alloh kepada hamba yang dikehendaki Alloh untuk di naikan derajat nya di sisi Alloh. Sedangkan, teguran, merupakan kasih sayang Alloh untuk mengingatkan hamba nya yang berbuat dosa kesalahn agar sadar dan mau kembali kepada Alloh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *