Klarifikasi Isyu, Terkait Seminar Para Kiai dan Habaib di Ponpes Sidogiri

Bismillahirrohmanirrohiim… Berita ini dibuat untuk MELURUSKAN kabar-kabar miring seputar pertemuan HABIB TAUFIQ BIN ABDUL QODIR ASSEGAF dengan KH. SAID AQIL SIRADJ. Foto ini adalah pertemuan antara Habib Taufiq Assegaf dengan Kiai Said saat istirahat sholat dan makan siang Sesi SEMINAR “Solusi Dinamika Islam Kekinian di Indonesia dan Dunia, bersama HABIB ABU BAKAR AL ADNI BIN ALI AL MASYHUR, Yaman, KH. Said Aqil Siradj ( Ketua Umum PBNU ), dan KH. Yahya Zainul Ma’arif ( Buya Yahya ), di Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu, 24 Januari 2016.
Dalam berita yang beredar dikabarkan bahwa Kiai Said seperti diadili oleh para Kiai dan Habaib terkait isu yang santer menimpa Kiai Said. Hal tersebut (berita/isu-red) itu DIBANTAH oleh pihak Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, bahwa KH. Said Aqil Siradj diundang langsung oleh pengasuh Ponpes Sidogiri yaitu KH. NAWAWI ABDUL JALIL yang juga menjadi tim Ahlul Halli wal ‘Aqdi dan merestui KH. Said Aqil menjadi Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Agustus 2015 kemarin. Sejatinya yang diundang setelah Kiai Said ialah Rais Am PBNU yaitu KH. Ma’ruf Amin, namun entah mengapa yang diundang KH. YAHYA ZAINUL MAARIF atau sering dikenal dengan Buya Yahya.
Menyikapi hal ini salah satu Guru Senior di Ponpes Sidogiri yaitu KH. MUHIB AMMAN ALI menjelaskan : Forum Sidogiri ini menurut saya amat sangat penting dan langka. Belum pernah ada forum yang menyatukan antara kiai muda, kiai sepuh, habaib muda dan habaib sepuh. Bahkan ulama dari Hadramaut Habib Abu Bakar Al ‘Adni bin Ali Al Masyhur dengan KH. Said Aqil Siradj di pandu oleh Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf yang selama ini selalu berseberangan dan nyaris tidak mungkin bertemu dalam satu majlis. Ending dari pertemuan ini menurut saya juga berbeda dengan forum lain. Biasanya, jika KH. Said Aqil Siradj dipertemukan dengan kelompok yang bersebarangan dengannya, yang terjadi adalah hanya mengadili. Tapi dalam forum ini endingnya adalah nasehat dan harapan para ulama dan habaib agar TIDAK ADA LAGI PERNYATAAN-PERNYATAAN KONTROVERSI YANG MEMBINGUNGKAN UMAT.
Forum ini bukan untuk menjatuhkan siapapun, bukan untuk menebar kebencian tapi memperbaiki keadaan umat. Forum ini juga menunjukkan BETAPA PARA KIAI SEPUH DAN HABAIB MASIH SANGAT MEMPERHATIKAN NAHDLATUL ULAMA SEBAGAI WADAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH.” KH. Muhibbul Aman Aly ketika ditanya “apakah betul menurut info yang di nasehati kabur duluan dengan alasan keterbatasan waktu”
Ditanya hal demikian KH. MUHIBBUL AMAN ALI menjawab “TIDAK BENAR, beliau ( Kiai Said ) mengikuti sampai sesi tanya jawab.. Waktu sesi tanya jawab, ada salah satu peserta yang mengungkit tentang proses pemilihan dalam muktamar. Habib Taufiq Assegaf langsung memutus dan menyatakan bahwa terpilihnya KH. Said Aqil adalah kenyataan yang harus diterima., dan tidak boleh ada upaya untuk menjatuhkan. Tapi sebagai muslim, kita wajib mengingatkan jika ada yang keliru, itulah tanggung jawab ulama, mumpung masih ada kiai sepuh.” Pesan Habib Taufiq kalau ada pimpinan kita yang salah, ya kita luruskan, kalau benar mari kita dukung.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.