Cuaca Bulan Ramadhan

DSCN2199

 

Tak terasa, Ramadhan 1434 H sudah mendekati pertengahan bulan. Bagi muslim yang biasa menjalankan ibadah puasa, tentu terasa sangat cepat. Hari demi hari terlewati. Semoga kita diberi kesempatan menyempurnakan puasa hingga datangnya Idul Adha nanti. Amin.

Bagi setiap orang yang berpuasa, cuaca tentu merupakan tantangan tersendiri. Hampir dua pekan, tidak turun hujan di Kota Solo. Beberapa orang sempat mengira musim kemarau telah tiba. Saat siang hari terasa terik, tapi angin kemarau yang dingin terasa menghembus. Namun, petang kemarin gerimis turun membasahi bumi dan cukup untuk menghapuskan debu-debu dijalan. Alhamdulillah.

Panasnya cuaca tak hanya dirasakan saat siang hari. Suhu udara di Masjid Jami Assagaf Surakarta menunjukkan 31 derajat celcius. Cukup membuat gerah dan berkeringat. Terlebih saat pelaksanaan shalat tarawih berjamaah. Jumlah jamaah yang banyak mengisi setiap sisi ruangan, juga karena gerakan shalat yang diulang-ulang terasa cukup membakar kalori. Meski sejumlah kipas angin dikerahkan, masih juga meninggalkan keringat di badan. Tak heran, Tim Kerja Masjid menyebarkan kipas-kipas dari bambu di beberapa shaf ruang utama masjid. Tujuannya, agar yang merasa masih gerah dapat memanfaatkan alat sederhana itu itu membuat tubuh lebih nyaman. Berbahagialah orang yang menyumbangkan kipas sederhana tersebut. Meski tak seberapa mahal, tapi memberikan manfaat yang besar. Semoga Allah SWT membalas kebaikannya dengan berlipat ganda.

Sebagai masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia, kita patut bersyukur. Cuaca yang kita rasakan tentu masih lebih sejuk dibandingkan belahan bumi yang lain seperti Timur Tengah. Di sana, suhu antara siang dan malam hari sangat kontras sehingga terkadang menimbulkan gangguan pada tubuh seseorang yang belum terbiasa.

Karena itu, mari kita syukuri nikmat tersebut dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Semoga kita termasuk hambnya-Nya yang bertaqwa. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.